CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 28-12-2022 10:59:05

Dilihat : kali

Ambeien saat hamil merupakan salah satu keluhan yang paling sering di alami oleh ibu hamil. Hal ini terjadi karena ibu hamil yang terkena wasir akan mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan ketika duduk atau beraktivas.

Menurut para ahli kesehatan sekitar 25-35% wanita hamil menderita kondisi tersebut, yang biasanya terjadi selama minggu ke-25 atau trimester terakhir kehamilan.

Tentu saja ini menjadi masalah bagi ibu hamil, karena benjolan dan pembengkakan wasir bertambah seiring dengan lamanya kehamilan.

 

Jika sudah begini, tak jarang banyak ibu hamil yang merasa takut dan khawatir dengan proses persalinan selanjutnya. Apakah wasir berbahaya bagi ibu hamil? Baca teks lengkapnya di sini.

 

Apakah Wasir Bahaya Untuk Ibu Hamil ?

Keluhan ambeien saat hamil memang sering terjadi. Keluhan ini meningkat, terutama pada wanita yang sudah menderita wasir sebelum hamil.

Menurut para ahli kesehatan sebenarnya wasir sendiri bukanlah kondisi yang berbahaya bagi ibu hamil.

Namun, perlu anda ketahui. Wasir dapat menyebabkan berbagai gejala negatif pada penderitanya seperti gatal-gatal di sekitar anus, rasa panas, nyeri yang sangat menyakitkan, bahkan sampai menyebabkan pendarahan.

 

Lalu apa penyebab ambeien saat hamil ?

Secara sederhananya, wasir atau ambeien sendiri merupakan kondisi di mana adanya suatu tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus yang menyebabkan terjadinya benjolan atau pembengkakan.

 

Selain akibat membesarnya ukuran rahim, wasir juga sering di sebabkan oleh proses mengejan saat persalinan normal. Tekanan akibat mengejan yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya wasir atau memperbesar wasir yang sudah ada.

 

Faktor lain yang dapat menyebabkan wasir selama kehamilan antara lain perubahan hormonal, terlalu banyak duduk, dan sembelit.

 

Apakah ibu hamil yang terkena wasir bisa melahirkan normal ?

Wasir merupakan masalah kesehatan yang umum di alami oleh ibu hamil. Ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal tidak perlu khawatir dengan kondisi ini.

Karena wasir pada ibu hamil bukanlah halangan bagi seorang wanita untuk melahirkan secara normal.

 

Bahkan jika operasi caesar di anjurkan, dapat di tentukan bahwa itu karena faktor lain yang mendasari dan tidak ada hubungannya dengan wasir yang telah terjadi.

 

Perlu anda ketahui pula, bahwa pasien yang sudah mengalami wasir stadium 3 dan 4 dapat berdarah selama proses persalinan normal.  Tapi anda jangan khawatir. Ada banyak cara yang bisa menyembuhkan wasir sebelum melahirkan.

 

Bagaimana cara mengatasi wasir saat hamil ?

Mengalami wasir selama kehamilan membutuhkan perawatan yang tepat.

Pasalnya ketika hamil kembali, wasir akan kambuh kembali. Tapi sekarang anda jangan khawatir, anda bisa mempercepat penyembuhan sekaligus mencegah wasir semakin parah dengan menggunakan cara-cara berikut ini:

1. Berendam di air hangat

Cara alami yang pertama bermanfaat untuk mengobati ambeien pada ibu hamil adalah dengan berendam di air hangat, menurut para ahli kesehatan. Berendam di air hangat dapat meningkatkan aliran darah untuk mengecilkan benjolan ambeien yang membengkak.

 

2. Kompres dengan batu ess

Cara mengobati ambeien selanjutnya yang bisa anda lakukan berikutnya yaitu dengan mengompres area ambeien dengan batu es.

Es batu dapat meredakan pembuluh darah yang bengkak. Tidak hanya itu, penggunaan batu es dapat mengurangi rasa sakit, mengecilkan wasir, dan memiliki efek lega.

 

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat

Seperti yang anda ketahui, salah satu faktor utama penyebab terjadinya wasir adalah kurangnya serat dalam tubuh.

Jadi mulailah perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan hindari makanan yang mengandung rendah serat seperti kentang, roti putih atau makanan cepat saji.

 

4. Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat mengakibatkan pembuluh darah di sekitar anus akan tertekan, apalagi ketika anda memiliki berat badan berlebih, tentu saja akan ambeien semakin parah.

 

5. Gunakan bantal saat duduk duduk

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat duduk, penggunaan bantalan kursi berbentuk donat mencegah wasir terjepit dan menimbulkan rasa sakit.

 

6. Hindari mengangkat beban berlebih

Mengangkat beban berat juga dapat menyebabkan lebih banyak tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Tentu saja hal tersebut dapat memperparah pembengkakan ambeien.

 

7. Senam kegel.

Senam kegel tidak hanya membantu memperkuat dinding perineum untuk proses persalinan, senam kegel juga meningkatkan aliran darah dan membantu meredakan serta mencegah wasir.

Senam kegel dapat dilakukan tiga kali sehari: pagi, siang, dan malam. Untuk memulai, lakukan setiap latihan 5 kali.

 

8. Menjaga anus bersih dan kering

Cara menyembuhkan ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan menjaga anus tetap bersih dan kering. 

Bersihkan area anus dengan handuk atau tisu lembut setiap kali usai buang air besar. Saat membersihkan area anus, gunakan tepukan lembut dan jangan digosok. Hal ini untuk menghindari iritasi yang membuat anus semakin tidak nyaman.

 

Itulah beberapa cara yang bisa di lakukan sebagai solusi untuk mengatasi wasir pada ibu hamil.

Jangan biarkan wasir terjadi berlarut-larut, terutama wasir selama kehamilan. Segera dapatkan pengobatan yang tepat untuk mencegah terjadinya wasir berulang.

Jual Obat Wasir di Banyuwangi Jawa Timur

Posting by Admin

Jual Obat Wasir di Banyuwangi Jawa Timur

Wasir atau ambeien adalah terjadinya pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah anus. Apakah anda sedang mencari alternatif pengobatan wasir yang alami? Apakah sudah mencoba solusi obat wasir alami dari kami? Kapsul Wasir adalah obat wasir alami yang terbuat dari bahan-bahan terbaik pilihan, yaitu Daun Ungu, Temulawak, Kunyit dan Meniran. 4 (empat) bahan terbaik ini secara empiris



817 Kali