CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 16-01-2023 11:29:28

Dilihat : kali

Berbicara tentang kesehatan pencernaan memang selalu menarik, apalagi banyak sekali gangguan yang sering terjadi pada sistem pencernaan, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

 

Salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi di masyarakat yaitu wasir. Suatu penyakit yang berada di dalam rekrum anus atau bagian luar anus, yang dapat menyebabkan penderitanya merasakan nyeri yang teramat sakit, infeksi gatal-gatal dan benjolan yang dapat mengeluarkan cairan berupa lendir.

 

Itulah mengapa banyak orang yang mengalaminya cenderung diam-diam saja, tidak mau membicarakannya. Bahkan ke dokter pun untuk memeriksakan diri pun enggan.

 

Padahal di indonesia sendiri, menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2015, prevalensi penderita wasir adalah 5,7% dari total penduduk.

 

Wasir, atau dalam istilah medis disebut hemorroid dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun pada umumnya lebih sering terjadi kepada wanita hamil dan seseorang yang sudah berusia di atas 45 thn. Dengan gejala yang meliputi nyeri dubur, gatal-gatal, dan pendarahan.

 

Lalu bagaimana cara mengetahui jika seseorang tersebut menderita wasir?

Di sini kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang penyebab dan gejala umum yang dapat di alami seseorang jika mereka menderita wasir. Mari kita simak untuk mengetahui lebih lanjut tentang wasir dan apa yang harus dilakukan jika anda memilikinya.

 

Apa itu wasir?

Ambeien atau wasir adalah suatu kondisi dimana terjadi suatu pembengkakan atau benjolan pada bagian area sekitar anus atau dubur, yang terjadi akibat adanya suatu tekanan pada pembululuh darah secara terus-menerus.

 

Pada tahap awal, ambeien memang tidak menimbulkan dampak berbahaya. Namun pada tahap lanjut, wasir dapat menyebabkan gangguan menyakitkan yang dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari, seperti gata-gatal, sakit ketika duduk, perdarahan, bahkan sampai menyebabkan anemia. Bila sudah anemia, penderita bisa terlihat pucat, merasa lemas, bahkan sesak napas.

 

Jenis-jenis wasir

Wasir sendiri terbagi menjadi 2 jenis yang harus anda ketahui. Yaitu wasir internal dan wasir eksternal.

1. Wasir internal atau wasir dalam, terbentuk di dalam tubuh anda, di dalam rektum. Karena mereka tersembunyi di rektum, mereka bisa lebih sulit untuk didiagnosis. Beberapa wasir internal dapat mengalami prolaps, artinya mereka meluas ke luar lubang anus.

 

Meskipun wasir internal dapat menyebabkan pendarahan, mereka biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Ini karena mereka berada di area yang tidak memiliki ujung saraf. Namun, jika prolaps wasir internal, itu bisa sangat menyakitkan

 

2. Wasir eksternal atau wasir luar, terbentuk di luar tubuh Anda. Mereka terletak di dekat anus dan ditutupi oleh kulit. Kulit ini sangat sensitif dan bisa meradang.

 

Wasir eksternal bisa sakit jika menjadi bengkak atau mengembangkan bekuan darah.

 

Jika gumpalan darah terbentuk di wasir, itu bisa menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah. Rasa sakit sering memburuk dalam 48 jam pertama, kemudian membaik selama beberapa hari.

 

Apa Penyebab Wasir ?

 

Sekarang setelah anda mengetahui apa itu wasir, akan sangat membantu jika mengetahui apa penyebabnya juga. Penyebab umum wasir adalah adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan daerah dubur. Adapun penyebab lain yaitu,

 

  • Mengejan saat buang air besar.
  • Mengalami sembelit atau diare jangka panjang.
  • Duduk terlalu lama.
  • Sedang hamil.
  • Faktor usia.

 

Seseorang yang sudah berusia antara 45 hingga 65 tahun lebih mungkin mengembangkan wasir, juga orang yang memiliki riwayat keluarga wasir.

 

Gejala Umum Wasir.

Bagaimana anda bisa tahu jika anda memiliki wasir? Meskipun gejalanya dapat bervariasi dari orang ke orang, namun ada beberapa gejala umum yang dapat anda waspadai, yaitu

 

1. Gatal-gatal di bagian anus.

2. Mengeluarkan darah merah cerah di tinja anda

3. Rasa sakit dan iritasi di sekitar anus.

4. Pembengkakan atau benjolan keras di sekitar anus.

 

Wasir sering di kaitkan dengan sembelit dan mengejan saat buang air besar.

Sembelit dan mengejan sendiri memang dapat mengganggu aliran darah ke daerah dubur, sehingga menyebabkan pembuluh darah terhambat dan melebar atau membesar.

 

Oleh karena itu, sembelit terus-menerus dapat menyebabkan wasir.

Mengejan saat buang air besar yang di sebabkan oleh peningkatan tekanan di saluran anus dan kompresi wasir terhadap otot sfingter.

Wasir juga sering terjadi pada wanita hamil karena ketika rahim mulai membesar di awal kehamilan, hal itu memberi tekanan pada pembuluh darah.

 

Bagaimana wasir di diagnosis?

Jika anda tidak yakin bagaimana menentukan apakah anda menderita wasir atau tidak dan menginginkan pendapat ahli kesehatan. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik.

Selama pemeriksaan fisik ini, mereka dapat memeriksa anus dan rektum anda untuk mengetahui adanya pembengkakan pembuluh darah.

 

Lalu bagaimana cara mencegah ambeien ?

Pengobatan wasir memiliki beberapa metode untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan untuk mencegah terjadinya ambeien membesar.

 

Beralih ke pola hidup yang lebih sehat bisa menjadi salah satu cara mengobati wasir sendiri di rumah. Beberapa cara menerapkan pola hidup sehat untuk mengatasi wasir antara lain:

 

1. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan cairan, untuk memastikan tinja anda tidak mengeras dan membantu mencegah sembelit

2. Batasi waktu yang anda habiskan di toilet, karena ini adalah penyebab umum wasir

3. Hindari duduk terlalu lama, karena hal ini akan memberikan tekanan pada pembuluh darah.

4. Hindari menunda buang air besar.

5. Rutin berolahraga ringan.

 

Catatan.

Meskipun wasir mungkin sulit untuk di bicarakan dan tidak nyaman untuk di alami, akan sangat membantu untuk memiliki pemahaman atau pengetahuan yang lebih baik tentang penyebab dan gejalanya, untuk mempersiapkan jika anda mengalaminya.

 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat, seperti olahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.

Terimakasih.

Jual Obat Wasir di Nganjuk Jawa Timur

Posting by Admin

Jual Obat Wasir di Nganjuk Jawa Timur

Wasir adalah suatu kondisi dimana terjadi pembengkakan pada pembuluh darah di anus atau pada ujung pembuluh darah usus besar. Anda pengen sembuh dari wasir yang sudah lama di derita ? Jangan buru-buru segera dioperasi. Apakah sudah mencoba solusi obat wasir alami dari kami? Kapsul Wasir adalah obat wasir alami yang terbuat dari bahan-bahan terbaik pilihan, ya



1230 Kali