CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 24-01-2023 11:17:59

Dilihat : kali

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Bagaimana tidak, gejala wasir menimbulkan benjolan yang begitu nyeri dan sensitif di area anus, sehingga menyebabkan penderitanya menjadi serba salah saat tidur atau duduk.

Selain membuat penderitanya tidak nyaman, posisi tidur yang salah juga sangat mempengaruhi kondisi wasir. Jika salah posisi, tentu saja dapat memicu rasa sakit yang semakin parah dan benjolan semakin membesar.


Oleh karena itu, posisi tidur yang benar menjadi kunci penting untuk untuk penderita wasir. 
Lalu bagaimana caranya agar bisa tidur dengan nyaman saat terkena wasir? Baca selengkapnya di sini!


Posisi Tidur yang Baik Untuk Penderita Wasir.


Seseorang yang menderita ambeien atau wasir pada umumnya akan merasa tidak nyaman saat tidur atau duduk. Hal ini disebabkan oleh adanya pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah dari ujung usus besar sampai anus, sehingga membuat penderita wasir sulit untuk mencari posisi tidur atau duduk.


Ambeien atau wasir sendiri adalah adanya pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah di ujung anus usus besar (rektum). Pembengkakan tersebut kemudian menjadi benjolan yang dapat membuat iritasi atau bahkan pendarahan.

Pada umumnya benjolan atau pembengkakan ini terjadi di luar anus sehingga menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman, terutama saat duduk atau tidur.

 

Oleh karena itu mengetahui posisi tidur yang baik dapat membantu mengurangi ketegangan di area anus, meredakan nyeri, dan mencegah kondisi tersebut berulang atau memburuk. 

Berikut beberapa tips posisi tidur yang baik bagi penderita ambeien adalah:

1. Menggunakan kasur yang empuk, karena tidur pada tempat yang keras dapat memperburuk wasir

Bagi orang yang memiliki ambeien, duduk di atas permukaan yang keras justru bisa semakin menyiksa.

Ini karena ketika duduk di permukaan yang keras, otot gluteal bagian bokong memberikan tekanan sehingga semakin meregang.


2. Setelah itu, pilihlah posisi tidur ambeien yang miring baik ke sebelah kiri atau kanan.
Dengan tidur miring, maka akan mengurangi beban pada panggul. Usahakan agar posisi tidur senyaman mungkin. Letakkan bantal dan kepit di antara kedua kaki sambil dilemaskan. 


3. Selain itu posisi tidur untuk penderita ambeien yang disarankan selanjutnya adalah posisi tengkurap. 

Posisi ini diketahui dapat mengurangi rasa sakit pada anus. Anda juga bisa meletakkan bantal di bawah panggul untuk mencegah diri Anda berguling ke belakang.

Jangan tidur telentang, karena dapat membebani atau menekan area anus anda dan menyebabkan nyeri

4. Memakai baju tidur yang nyaman dan tidak ketat

5. Jangan makan makanan pedas  dan berminyak sebelum tidur

 
Tips posisi tidur untuk penderita ambeien tersebut, memang tidak dapat menyembuhkan atau mengobati penyakit ambeien atau wasirnya. Namun, dapat membantu mengurangi efek nyeri yang ada.

Selain memerhatikan posisi tidur yang baik untuk penderita ambeien, jangan lupa untuk perhatikan asupan makanan yang mengandung serat larut dan tidak larut guna mempercepat penyembuhan benjolan ambeien.

Lalu apa itu makanan serat larut dan tidak larut ?

Serat makanan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pencernaan dan tubuh secara keseluruhan. Secara garis besar serat makanan terbagi menjadi serat larut dan tidak larut. 
Lalu apa perbedaan dua jenis serat ini? Apakah keduanya punya manfaat yang sama? baca selengkapnya disini.

1. Serat larut

Serat larut adalah jenis serat yang larut dalam air. Maksudnya adalah jenis serat yang terurai saat berinteraksi dengan air atau cairan tubuh lainnya di saluran pencernaan.

Serat jenis ini memperlambat proses pencernaan dan membantu usus melunakkan tinja. Dengan begitu, feses lunak akan membuat proses BAB menjadi lebih mudah serta membebaskan dari rasa sakit.
Beberapa sumber makanan serat larut adalah kacang-kacangan, biji-bijian, gandum dan buah-buahan seperti pisang, apel, dan alpukat.

 

 2. Serat tidak larut

Serat tidak larut adalah serat yang tidak dapat larut dalam air. Ini berarti serat tidak larut akan menyerap air dan menempel pada bahan lain untuk membentuk tinja ( feses ). Ini menghasilkan feses yang lebih lunak dan membuat buang air besar lebih teratur serta lebih mudah. dan menjadi solusi mengatasi sembelit ( susah BAB ).

Makanan yang mengandung serat jenis ini antara lain biji-bijian, kacang merah, anggur, pir dan berbagai  sayuran.

 

Itulah beberapa cara posisi tidur dan tips mengkonsumsi makanan yang baik bagi penderita wasir. Jangan lupa juga untuk berolahraga dengan rutin setidaknya 20-30 menit setiap hari guna membantu merangsang pergerakan usus, sehingga feses lebih mudah keluar. Berkaitan dengan hal tersebut, jenis olahraga yang direkomendasikan adalah senam aerobik dan jalan cepat.

 

Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Jual Obat Wasir Ampuh di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Posting by Admin

Jual Obat Wasir Ampuh di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Ayeuna, seueur anu milarian obat wasir di Kabupaten Ciamis, naha anjeun salah sahijina? Upami kitu, tangtos anjeun aya di alamat anu leres. Karena kami telah menyediakan Kapsul Wasir, salah satu obat wasir alami terbaik. Kapsul Wasir adalah obat wasir pilihan banyak masyarakat, yang terbuat dari bahan terbaik pilihan seperti Daun Ungu, Kunyit, Menir



847 Kali