CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 24-01-2023 16:39:24

Dilihat : kali

Menurut detik.com seorang pria di china mengalami prolaps rektum, yakni usus keluar melalui dubur. Ia mengalami kondisi berbahaya tersebut setelah terlalu lama duduk di toilet sambil memainkan ponsel.

 

Walau berbahaya , kondisi ini tidak terlalu langka. American Society of Colon and Rectal Surgeons (ASCRS) menyebut 2 dari 100.000 orang mengalaminya, dengan lebih dari 60 persen terjadi pada pengidap konstipasi kronis. (sumber detik.com)

 

 

Sebenarnya apa itu Wasir Prolaps?

Wasir prolaps adalah suatu kondisi di mana adanya pembengkakan vena yang terletak di dalam rektum yang menonjol atau keluar dari anus.

 

Ini berbeda dari wasir eksternal, yang terjadi di sekitar kulit anus, dan wasir internal, yang tetap berada di dalam rektum. Wasir Prolaps letaknya berada di ujung usus besar dan sebelum lubang anus.

 

Jika tidak di tangani, kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan, gatal, dan ketidaknyamanan, terutama saat duduk atau saat buang air besar.

 

Bahkan beberapa pasien yang mengalami wasir prolaps parah di ketahui sampai membentuk gumpalan, hingga mengalami pecah dan pendarahan atau terperangkap di otot anus dan kehilangan aliran darah (tercekik).

 

Gejala Wasir Prolaps

 

Gejala umum wasir prolaps meliputi:

 

  •     Benjolan tanpa rasa sakit

Benjolan yang lembut dan tidak nyeri ini sering kali ditemukan saat pasien mengelapnya setelah buang air besar. Pada saat pemeriksaan, ternyata benjolan yang menonjol dari lubang dubur yang disebut anus.

 

  •     Pendarahan:

Adanya darah merah cerah, baik di kertas toilet atau tinja itu sendiri, umum terjadi pada wasir yang prolaps. Darah merah tua menunjukkan bahwa perdarahan terletak lebih jauh ke atas usus besar (usus besar).

 

 

  • Gatal dan iritasi

 Gatal pada anus umum terjadi pada wasir yang prolaps. Kulit di sekitar anus juga pada umumnya akan teriritasi.

 

  • Keluarnya lendir

Cairan kental berwarna keputihan ini dapat berkembang sebagai akibat dari peradangan dubur. Anda mungkin melihat lendir pada tinja atau kertas toilet setelah mengelapnya.

 

  • Bau busuk

Jika ada lendir, kemungkinana besar juga akan berbau tidak sedap.

 

  • Kebocoran tinja

Juga dikenal sebagai inkontinensia tinja, ini disebabkan oleh penonjolan jaringan di luar anus, memungkinkan bekas tinja bocor.

 

Komplikasi Wasir Prolaps

Wasir yang prolaps jika di biarkan saja bisa menjadi sangat bengkak, yang dapat menghalangi pergerakan usus dan menyebabkan pendarahan yang signifikan.

 

Jika wasir semakin besar, pecahnya benjolan wasir dapat menyebabkan perdarahan hebat dan penurunan tekanan darah yang tajam, yang mengakibatkan pusing, kepala terasa ringan, dan, dalam kasus yang jarang terjadi, syok dan kematian.

 

 

Lalu apa penyebab wasir prolaps?

 Penyebab dari kondisi ini belum diketahui secara pasti. Namun, ada kemungkinan bahwa prolaps di dasari oleh adanya kerusakan jaringan pendukung di saluran anus, seperti kerusakan pada saraf pudendal.

 

Saraf pudendal yaitu saraf yang membentang dari belakang panggul ke daerah kelamin.

 

Kerusakan tersebut menyebabkan melemahnya dasar panggul dan sfingter anus, sehingga terjadilah prolaps.

 

*Adapun faktor yang meningkatkan risiko wasir prolaps meliputi:

 

 1. Usia yang lebih tua, yang melemahkan otot dan ligamen di daerah dubur.

 2. Sembelit kronis

 3. Diare kronis

 4.Diet tinggi lemak dan rendah serat

 5. Kurangnya aktivitas fisik

 6. Kegemukan atau obesitas.

 7. Terlalu sering menggunakan obat diare

 8.  Kehamilan (terutama setelah melahirkan)

 

 

Diagnosa

Layanan kesehatan anda akan melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat kondisi rektum Anda guna mengetahui jaringan yang renggang dan seberapa kuat kontraksi otot sfingter anus.

 

Wasir internal diklasifikasikan tergantung pada seberapa banyak mereka menonjol atau terbagi menjadi beberapa derajat.

 

Derajat 1: Untuk derajat satu, yaitu di tandai dengan membengkaknya benjolan di bagian lubang anus, namun tidak menimbulkan benjolan ke luar. Perdarahan dapat terjadi.

 

Derajat 2: keluarnya benjolan dari saluran anus selama buang air besar tetapi kembali ke dalam dengan sendirinya.

 

Derajat 3: Ini menonjol saat buang air besar (atau bentuk aktivitas fisik lainnya) dan harus didorong kembali ke dalam secara manual menggunakan jari.

 

Derajat 4: Ini menonjol keluar dari lubang anus dan tidak dapat didorong kembali.

 

Untuk pasien yang sudah mengalami derajat 4 berisiko tinggi tercekik dan hampir selalu memerlukan perawatan spesialis, termasuk pembedahan.

 

 

Pengobatan alami wasir prolaps di rumah

Sebagian besar wasir yang prolaps akan menyusut dengan sendirinya, namun tentu saja memerlukan pengobatan alami di rumah, seperti obat-obatan, atau melakukan hidup sehat seperti,

 

 

1. Olahraga ringan: Olahraga ringan seperti berjalan kaki secara teratur dapat membantu mencegah sembelit. Hindari angkat besi, jongkok, atau latihan perut yang memberi tekanan pada anus dan rektum.

 

2. Hindari mengejan saat buang air besar. Jaga agar feses Anda tetap lunak dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi dan minum banyak air. Dianjurkan agar Anda mengonsumsi 25-35 gram serat makanan setiap hari, bersama dengan minum delapan gelas air sehari

 

3. Kebiasaan toilet: Hindari mengejan saat buang air besar. Untuk mengurangi iritasi, bilas anus dengan botol semprot setelah buang air besar dan oleskan sedikit dengan kertas toilet atau lap bayi.

 

4. Diet tinggi serat: Anda dapat menjaga feses tetap lunak dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan minum banyak air. Suplemen serat juga dapat membantu

 

5. Kompress dengan batu ess: Menempatkan kompres dingin pada anus selama 15 menit atau lebih beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi pembengkakan.

 

6. Rendam di air hangat: Berendam dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit dapat membantu meringankan benjolan dan kotoran akibat wasir.

 

 

Ringkasan

 

Wasir prolaps adalah wasir internal yang menonjol keluar dari rektum.

Gejala umum termasuk benjolan tanpa rasa sakit di anus, gatal-gatal atau iritasi, keluarnya lendir, dan pendarahan dubur berwarna merah cerah. Wasir yang mengalami prolaps parah berisiko mengalami komplikasi yang menyakitkan seperti pembekuan atau berkurangnya aliran darah ke vena wasir.

 

Pengobatan wasir prolaps tergantung pada tingkat keparahannya. Ini mungkin melibatkan strategi perawatan diri, obat-obatan, prosedur spesialis, atau pembedahan.

 

Kebiasaan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah wasir berkembang sejak awal. Ini terutama jika anda lebih tua dan lebih rentan terhadap sembelit.

 

Terimakasih.

Jual Obat Wasir di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Posting by Admin

Jual Obat Wasir di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Naha anjeun ngalaman wasir sareng hoyong milarian ubar anu ngajual wasir di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Anjeun dina tempat katuhu. Karena kami telah menyediakan Kapsul Wasir, salah satu obat wasir alami terbaik. Terbuat dari 4 bahan alami terbaik yaitu Daun Ungu, Meniran, Temulawak dan Kunyit. Kolaborasi 4 bahan pilihan ini saling bersinergi mengatasi berbaga



1277 Kali